Tanda Jasa TNI AU Apa Saja Ya ?

Pernah mendengar tentang tanda jasa TNI AU? Sebenarnya apa yang dimaksud tanda kehormatan dan bagaimana cara mendapatkannya

Tanda jasa merupakan bagian dari penghargaan yang diberikan oleh negara khususnya presiden kepada orang yang memiliki jasa serta prestasi dalam mengembangkan serta memajukan bidang dan memberikan manfaat bagi orang lain terlebih masyarakat umum.

TNI atau Tentara Nasional Indonesia merupakan komponen utama suatu negara guna melaksanakan tugas yang berkaitan tentang keamanan negara. Karena jasa yang diberikannya cukup besar oleh karena itu negara memberikan tanda kehormatan tersebut.

Bentuk Tanda Jasa TNI AU

Berdasarkan peraturan menteri pertahanan menunjukkan bahwa tanda kehormatan yang diberikan kepada TNI AU berbentuk medali dan pita. Nantinya jenis medali & pta jasa ini bisa saja termasuk kategori bintang maupun satya lencana. Medali untuk dipakai di baju PDU dan pita dipakai untuk di baju PDH.

Sebetulnya hampir semua tanda jasa / tanda kehormatan baik TNI AU, TNI AD, maupun TNI AL mempunyai kesamaan karena memang termasuk dalam satu kesatuan Tentara Republik Indonesia. Berikut tanhor tersebut :

Tanhor Bintang Gerilya
Bintang Gerilya
Tanhor Bintang Yudha Dharma Nararya
Bintang Yudha Dharma Nararya
Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun
Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun
Satya Lencana Kesetiaan 32 Tahun
Satya Lencana Kesetiaan 32 Tahun
Tanho Bintang Sakti
Bintang Sakti
Satya Lencana Bhakti
Satya Lencana Bhakti
Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun
Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun
Satya Lencana Santi Dharma
Satya Lencana Santi Dharma
Tanhor Bintang Dharma
Bintang Dharma
Satya Lencana Teladan
Satya Lencana Teladan
Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun
Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun
Satya Lencana Ksatria Yudha
Satya Lencana Ksatria Yudha

Sementara itu untuk tanda kehormatan yang di khususkan untuk TNI AU adalah sebagai berikut :

Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya
Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya
Satya Lencana Dharma Dirgantara
Satya Lencana Dharma Dirgantara
Tanda Jasa TNI AU
Bintang Tanda Jasa TNI AU Swa Bhuana Paksa

Persyaratan Memperoleh Tanhor TNI AU

Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh para prajurit agar bisa mendapatkan tanhor diantaranya merupakan prajurit serta warga negara Indonesia, orang tersebut memiliki integritas terhadap moral dan keteladanan, memiliki jasa untuk bangsa serta negara, berkelakuan baik, serta tidak pernah mengkhianati bangsa dan negara selain itu setiap prajurit yang memenuhi syarat tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.

Itulah sedikit gambaran tentang tanda kehormatan di lingkungan TNI AU, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk pembaca sekalian. Apabila masih ada yang kurang jelas bisa bertanya menggunakan kolom komentar dibawah atau untuk order tanda kehormatan bisa langsung menghubungi Whatsapp di 0838 2983 900.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *