Apa Itu Tanda Kehormatan Satya Lencana Seroja ?

Medali kehormatan bagi seorang prajurit akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sebab hal itu menjadi bukti keterlibatannya secara langsung untuk membela Tanah Air tercinta, Indonesia. Salah satu medali kehormatan yang diterima oleh seorang prajurit yaitu Satya Lencana Seroja.

Apa Itu Satya Lencana Seroja?

Medali Seroja merupakan sebuah tanda kehormatan dari pemerintah yang dianugerah kan kepada seorang prajurit pada periode 1975 – 1999, dimana gelar ini diberikan kepada mereka yang sudah sangat berjasa dalam menanggulangi keamanan dari gerombolan pengacau yang berasal dari luar batas negara yang ada di Nusa Tenggara Timur.

Ringkasnya satya lencana seroja adalah medali yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat baik kalangan militer maupun sipil yang telah berjasa dalam gerakan operasi di Timor Timor.

Tidak hanya seorang prajurit yang berasal dari kalangan TNI/Polri saja yang bisa mendapatkan gelar kehormatan tersebut, tetapi Warga Negara Indonesia (WNI) non-militer atau warga negara asing juga memperoleh tanda kehormatan tersebut, karena persyaratannya sudah diatur pada Undang-Undang Darurat Nomor 4 Tahun 1959.

Berikut ini contoh gambar dari satya lencana seroja.

Satya Lencana Seroja GOM Timtim Timor Timur
Satya Lencana Seroja GOM Timtim Timor Timur

Gelar & Tanda Kehormatan

Gelar & Tanda Kehormatan di Indonesia terbagi menjadi empat jenis, yaitu Tanda Jasa, Bintang, Satya Lencana & Samkaryanugraha dengan penjelasan sebagai berikut:

Tanda Jasa

Tanda Jasa merupakan sebuah penghargaan yang negara dari Presiden yang dianugerah kan langsung kepada seseorang atas jasa dan prestasi membanggakannya dalam mengembangkan dan memajukan sebuah bidang tertentu yang punya manfaat besar untuk bangsa dan negara. Tanda Jasa bisa dibilang merupakan penghargaan atas prestasi luar biasa di bidang-bidang non-militer, contohnya pendidikan, olahraga, budaya hingga ekonomi.

Bintang

Khusus untuk bintang dibagi menjadi dua jenis, yaitu Tanda Kehormatan Bintang Sipil dan Tanda Kehormatan Bintang Militer. dari semua tanda kehormatan bintang, ada yang memiliki beberapa tingkatan dan ada pula yang hanya terdiri dari satu tingkatan saja.

Satya Lencana

Tanda Kehormatan Satya Lencana dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu Tanda Kehormatan Satya Lencana Sipil dan Satya Lencana Militer. Namun diantara semua tanda kehormatan Satya Lencana, terdapat juga yang dibedakan berdasarkan waktu pengabdian, dan ada juga yang bisa mendapatkannya sampai tiga kali.

Demikianlah pembahasan singkat soal Satya Lencana Seroja dan jenis-jenis tanda kehormatan lainnya yang bisa menambah informasi baru untuk Anda. Simak juga video berikut untuk menambah wawasan mengenai Tanda Kehormatan di Indonesia

Wajib Tahu, Tanhor di Indonesia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *