Jenis Jenis Tanda Kehormatan yang Ada di Indonesia

Pemerintah Indonesia memiliki berbagai tanda kehormatan yang akan diberikan untuk seseorang atas jasa yang dikerjakan yakni pengabdiannya pada negara Republik Indonesia. Adapun tanda penghormatan ini dibedakan jadi tiga jenis yaitu samkaryanugraha, satya lencana, dan bintang. Simak ulasan singkat jenis tanda jasa tersebut di bawah ini.

tanda kehormatan satya lencana indonesia dan luar negri mesir ukraina rdb
Tanda Kehormatan Jenis Satya Lencana PDH

A. Tanda Jasa Samkaryanugraha

Tanda jasa Samkaryanugraha terbagi jadi dua, yaitu Samkaryanugraha untuk sipil dan Samkaryanugraha militer. Semua jenis tanda penghargaan ini mempunyai derajat yang setara.

B. Tanda Kehormatan Bintang

  • Bintang Jasa : Tanda jasa untuk WNI atau Warga Negara Indonesia yang telah memberikan jasa yang besar pada negara NKRI.
  • Bintang Maha Putra : Memberikan tanda penghormatan kepada orang yang berjasa untuk bangsa Indonesia dari luar militer.
  • Bintang Republik Indonesia : Menganugerahkan tanda jasa kepada seseorang yang luar biasa berjasa untuk kelangsungan, keutuhan, dan kejayaan negara Republik Indonesia.
  • Bintang Dharma : Tanda penghormatan ini diberikan pada anggota ABRI maupun TNI yang memberi sumbangsih bhakti yang lebih besar dibanding kewajiban atas tugasnya.
  • Bintang Garuda : Tanda bintang ini diberikan pada anggota TNI-AU yang berjasa dalam perang untuk membela kemerdekaan sekitar tahun 1945-1949.
  • Bintang Bhayangkara : Tanda jasa untuk anggota POLRI yang memiliki kebijaksanaan, keberanian, dan ketabahan saat mengerjakan tugas yang diemban.

C. Tanda Jasa Satya Lencana

  • Satya Lencana Bhakti : Pemberian penghargaan pada anggota TNI ataupun ABRI yang terluka akibat perang melawan musuh.
  • Satya Lencana Pembangunan : Memberikan penghormatan kepada warga negara Indonesia yang berjasa besar dalam bidang pembangunan negara dan juga masyarakat.
  • Satya Lencana Kebudayaan : Tanda jasa untuk warga negara yang melakukan jasa besar di bidang kebudayaan.
  • Satya Lencana Kebaktian Sosial : Diberikan penghargaan pada WNI yang berjasa besar pekerjaanya dalam hal peri kemanusiaan.
  • Satya Lencana Kesetiaan : Memberikan penghormatan kepada anggota prajurit ABRI atau TNI yang setia dan telah berdinas secara terus menerus hingga 8, 16, dan 24 tahun lamanya.
  • Satya Lencana Karya Satya : Diberikan penghargaan untuk Pegawai Negeri Sipil atau ASN yang rajin bekerja hingga 10, 20, dan 30 tahun masa tugas.

Berbagai ulasan jenis tanda kehormatan ini diberikan untuk warga Indonesia yang berjasa sesuai layanan yang diberikan pada negara.

Jual Tanda Kehormatan

Jika para prajurit membutuhkan Medali dan Tanda Jasa / Tanda Kehormatan di Indonesia seperti medali bintang dan satya lencana.

Pembaca bisa menghubungi kami, karena kami merupakan produsen dan pengrajin tanda jasa satyalancana khususnya dalam hal ini medali tanda jasa TNI, Polri dan PNS .

klik-wa-to-chat-produsen-tanda-jasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *