3 Jenis Tanda Kehormatan TNI

Tanda kehormatan TNI adalah salah satu penghargaan yang diberikan oleh negara melalui Presiden yang diberikan kepada para prajurit yang memiliki peran penting atau berjasa sangat besar terhadap negara. Ada tiga jenis penghargaan tertinggi untuk ruang lingkup militer tersebut yaitu :

Tanda Kehormatan TNI Berupa Bintang

Yang pertama adalah tanda kehormatan berupa bintang. Bintang ini diberikan kepada para prajurit TNI yaitu dalam bentuk bintang sipil dan juga bintang militer. Untuk bintang militer sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa yaitu bintang gerilya, bintang sakti, bintang Dharma, bintang Yudha Dharma, Bintang Kartika Eka Pakci, Bintang Jelasena, dan Bintang Bhuwana Paksa.

Tanda Kehormatan TNI
Bintang Jalasena (Kanan) Tanda Kehormatan TNI AL

Sedangkan untuk bintang sipil yang bisa didapatkan oleh para prajurit TNI adalah Bintang Republik Indonesia, Bintang Mahaputra, Bintang Penegak Demokrasi, Bintang Kemanusiaan, Bintang Budaya Parama Dharma, dan Bintang Bhayangkara.

Tanda Kehormatan TNI Berupa Satyalancana

Selanjutnya, bagi para prajurit juga bisa mendapatkan Tanda kehormatan ini berupa Satya Lencana Militer dan juga Satyalancana Sipil. Untuk Tanda Kehormatan Berupa Satyalancana Militer masih dibagi lagi yaitu contohnya adalah Satyalancana Bakti, Satyalancana Teladan, Satyalancana Kesetiaan, Satyalancana Santi Dharma, Satyalancana Dwidya Sistha, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk Satyalancana sipil, prajurit TNI bisa mendapatkannya dalam bentuk seperti: Satyalancana Perintis Kemerdekaan, Satyalancana Pembangunan, Satyalancana Wira Karya, Satyalancana Kebaktian Sosial, Satyalancana Kebudayaan, dan lain sebagainya.

Berupa Samkaryanugraha

Dan, yang terakhir adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada kesatuan TNI. Pemberian kehormatan berupa Samkaryanugraha ini hanya diberikan kepada para satuan TNI yang sudah berjuang untuk membela NKRI dan berhasil. Kedatuan TNI ini telah melakukan berbagai operasi militer yang bertujuan untuk menyelamatkan bangsa dan juga negara.

Penutup

Dari beberapa Tanda kehormatan di atas, kini Anda sudah mengetahui beberapa tanda kehormatan yang diberikan oleh presiden kepada para prajurit TNI atau pun kepada kesatuannya. Pekerjaan sebagai pembela dan juga pengaman negara ini sangat luar biasa sehingga patut jika presiden memberikan penghargaan tersebut kepada mereka.

Siapa Kami

Itulah ringkasan pembahasan tentang tanda kehormatan militer, semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas untuk para pembaca sekalian. Dan bagi pembaca tercinta yang membutuhkan Medali dan Tanda Jasa / Tanda Penghormatan di Indonesia seperti medali bintang dan satyalancana.

Pembaca bisa menghubungi kami, karena kami merupakan produsen dan pengrajin tanda jasa satyalancana khususnya dalam hal ini medali medali militer dan sipil.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *