Yuk Simak Persamaan dan Perbedaan Tanda Jasa TNI AD, AL dan AU

Tanda Jasa TNI – TNI terbagi menjadi 3 yaitu TNI Angkatatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Yang mana masing masing mempunyai tugas pokok yang berbeda dari segi wilayahnya. Namun masih termasuk kedalam kesatuan Tentara Nasional Indonesia. Yang artinya meskipun sedikit berbeda namun masih dalam suatu wadah yang sama.

Begitu pula jika kita mebahas tentang tanda jasa TNI, ada beberapa persamaan antara TNI AD, TNI AL dan TNI AU namun ada pula perbedaannya.

Oke kita bahas secara singkat, dan mudah mudahan bisa dipahami. Tanda Kehormatan TNI ini masuk kedalam jenis tanda kehormatan militer, bukan tanda kehormatan sipil ya.

Persamaan Tanda Jasa TNI

  1. Pada tanda kehormatan masa kerja antara TNI AD, AL dan AU itu sama yaitu berjenis satya lencana kesetiaan 8 tahun, kesetiaan 16 tahun, kesetiaan 24 tahun dan kesetiaan 32 tahun.
  2. Pada tanda kehormatan penugasan ada sebagian yang sama maupun yang berbeda. Namun hampir 80% nya antara TNI AD, AL dan AU mendapatkan satya lencana yang sama. Contohnya sebagai berikut :

Satya Lencana Bhakti, Teladan, Santi Dharma, Dwidya Sistha, Dharma Nusa, Wira Nusa, Wira Dharma, Wira Siaga, Ksatria Yudha dan masih banyak satya lencana lainnya.

Perbedaan Tanda Jasa TNI (AD, AL dan AU)

Sepertihalnya yang diutaran di atas ada sekitar 20% nya perbedaan tanda kehormatan antara masing masing TNI (AD, AL dan AU) yaitu seperti :

  1. Diberikannya tanda kehormatan Satya Lencana Dharma Bantala untuk TNI AD sebagai penghargaan kepada prajurit yang telah mendarmabaktikan diri kepada TNI Angkatan Darat secara paripurna. Bertugas paling singkat 30 tahun. Sementara pada TNI AL diberikannya Satya Lencana Dharma Samudra, dan. Pada TNI AU diberikannya Satya Lencana Dharma Dirgantara. Ketiganya mempunyai syarat yang sama yaitu prajurit harus bertugas paling singkat selama 30 tahun.
  2. Diberikannya tanda jasa / tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci kepada TNI Angkatan Darat, Bintang Jalasena pada TNI AL dan Bintang Swa Bhuwana Paksa kepada TNI AU. Yang kesemuanya diberikan kepada mereka yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan, dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI, baik TNI AD, AL dan AU.

Jual Satya Lencana TNI

Jika para prajurit membutuhkan Medali dan Tanda Jasa / Tanda Kehormatan di Indonesia seperti medali bintang dan satya lencana.

Pembaca bisa menghubungi kami, karena kami merupakan produsen dan pengrajin tanda jasa satyalancana khususnya dalam hal ini medali tanda jasa TNI.

klik-wa-to-chat-produsen-tanda-jasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *