Itu Tanda Jasa atau Tanda Kehormatan ? Apa bedanya ?

Sering dengerkan tentang tanda jasa ? atau sudah ga asing lagi dengan istilahnya?. Memang istilah tersebut sudah sering kita dengar namun apakah sudah tau seperti? baik itu simbol-simbolnya seperti apa dan bagaimana cara mendapatkannya ? Yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Tanda Jasa

Secara umum dapat diartikan yaitu sebuah apresiasi dari Pemerintah kepada perorangan maupun instansi yang memiliki jasa & prestasi yang sangat penting dalam bidang tertentu.

Namun pengertian secara resmi undang-undang adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden kepada seseorang yang berjasa dan berprestasi luar biasa dalam mengembangkan dan memajukan suatu bidang tertentu yang bermanfaat besar bagi bangsa dan negara.

Menurut undang-undang yaitu Pasal 5 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, dibagi tiga yaitu.

Ilustrasi Jenis Jenis Tanda Jasa
Ilustrasi Jenis Jenis Tanda Jasa

Tanda Jasa Berupa Medali

Medali Kepeloporan

Yaitu diberikan jika kita berjasa dalam bidang seperti dibawah ini :

  • Berjasa dan berprestasi luar biasa dalam merintis, mengembangkan, dan memajukan pendidikan, perekonomian, sosial, seni, budaya, agama, hukum, kesehatan, pertanian, kelautan, lingkungan;
  • Berjasa luar biasa dalam penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  • Berjasa luar biasa menciptakan karya besar dalam bidang pembangunan.

Medali Kejayaan

Yaitu berjasa dan berprestasi luar biasa dalam mengharumkan nama bangsa dan negara di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, seni, budaya, agama, dan/atau bidang lain.

Medali Perdamaian

Yaitu berjasa dan berprestasi luar biasa dalam mengembangkan dan memajukan perdamaian, diplomasi, persahabatan, dan persaudaraan.

Istilah Tanda Jasa di Masyarakat

Istilah yang populer di masyarakat saat ini sedikit bergeser dari arti perundang-undangan. Yaitu kebanyak mengira sama dengan istilah tanda kehormatan. Namun jika dilihat-lihat serta merujuk pada definisi undang-undang terdapat perbedaan.

Di Indonesia yang populer merujuk pada misalnya tanda jasa tni, pns, pramuka, tni al, dll. Padahal biasanya simbol-simbolnya tersebut termasuk kedalam tanda kehormatan.

Lebih spesifik lagi biasanya di artikan kepada sebuah Satya Lencana (istilah resmi : Satyalancana). Yang mana dalam artikel sebelumnya telah dibahas bahwa Satya Lencana merupakan 1 dari 3 jenis tanda kehormatan yang ada di Indonesia.

Contoh Satya Lencana

tanda jasa tni yang maksudnya adalah tanda kehormatan satya lencana PDH.jpg
Tanda Jasa TNI yang sebenarnya adalah Tanda Kehormatan Satya Lencana versi PDH
tanda jasa tni yang maksudnya adalah tanda kehormatan satya lencana PDU
Tanda Jasa TNI yang sebenarnya adalah Tanda Kehormatan Satya Lencana versi PDU
Video Tanda Kehormatan & Tanda Jasa Jangan Lupa Subscribe Ya

Pengaplikasian Satya Lencana

Pengaplikasian serta penerapan Satyalancana yaitu ditempelkan di dada pada pakaian dinasi baik itu pakaian dinas harian maupun pakaian dinas umum.

Pada Pakaian Dinas Harian

Satya Lencana Pada Pakaian Dinas Harian (PDH)
Satya Lencana Pada Pakaian Dinas Harian (PDH)

Pada Pakaian Dinas Umum (Upacara)

Satya Lencana Pada Pakaian Dinas Umum (PDU)
Satya Lencana Pada Pakaian Dinas Umum (PDU)

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Jika ada yang ingin ditambahkan atau bertanya silahkan ketik pertanyaan pada kolom komentar dibawah.

Dan bagi anda yang tertarik untuk membeli medali kehormatan Satyalancana tersebut ataupun medali / atribut lainnya seperti wing, brevet, pin dll. Anda bisa menghubungi kami di No WA.

klik-wa-to-chat-produsen-tanda-jasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *