Satya Lencana Dharma Nusa Adalah Tanda Kehormatan, Seperti apa sih Bentuknya?

Satya Lencana Dharma Nusa adalah suatu bentuk penghormatan dan penghargaan Pemerintah Indonesia kepada kalangan sipil PNS, prajurit TNI atau anggota Polri atas jasanya kepada negara. Tanda kehormatan ini juga bisa diberikan kepada masyarakat sipil jika memenuhi syarat tersebut.

Jenis tanda kehormatan yang ditetapkan sejak tahun 2003 ini juga bisa diberikan sebagai penghargaan secara anumerta kepada seseorang yang telah gugur akibat menjalankan tugas negara. Tanda kehormatan ini setara atau sama tingkatnya dengan satyalencana lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Satya Lencana

Dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia terdapat 3 jenis tanda kehormatan, yaitu Bintang, Satyalancana serta Samkaryanugraha. Hal ini seperti yang tercantum di dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa maupun Tanda Kehormatan.

Selain itu juga ada Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010 tentang Gelar, Tanda Jasa serta Tanda Kehormatan. Sementara untuk pelaksanaan UU No. 20 Tahun 2009 diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 35 Tahun 2010.

Tanda kehormatan dari pemerintah ini juga bisa dibedakan menjadi dua, yaitu tanda kehormatan untuk sipil (PNS) dan tanda kehormatan untuk militer (TNI dan POLRI). Dari sekian banyak satyalencana tersebut, ada yang dibedakan berdasarkan lamanya waktu pengabdian.

Contohnya adalah jenis tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya yang diberikan kepada kalangan sipil PNS. Ada juga jenis satyalancana yang diberikan sampai tiga kali seperti halnya pada Satyalancana Dharma Nusa.

Bentuk Satya Lencana Dharma Nusa Adalah

Jenis tanda kehormatan Satya Lencana Dharma Nusa merupakan penganugerahan yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang yang telah mengabdikan dan mendharmabaktikan diri demi keamanan dan ketuhan wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dharma Nusa memiliki bentuk lingkaran yang bergerigi dengan warna perunggu. Adapun sudut gerigi pada satyalencana ini jumlahnya ada 45 yang melambangkan tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Satya Lencana Dharma Nusa adalah
Satya Lencana Dharma Nusa dalam Rangkaian Medali

Pada tepi lingkaran terdapat setangkai pada dan kapas dengan masing-masing jumlah padi sebanyak 17 dan kapas sebanyak 8 buah. Sementara di tengah lingkaran satyalencana terdapat gambar Garuda Pancasila dengan desain tulisan “Dharma Nusa” berbentuk melengkung.

Tanda kehormatan ini diletakkan menggantung pada sebuah pita dengan warna dasar hijau dan lajur merah putih pada bagian tengahnya. Biasanya setiap penerima tanda kehormatan Satya Lencana akan mendapatkan bentuk satyalencana ini beserta miniaturnya.

Pengaplikasian Tanda Kehormatan Satya Lencana Dharma Nusa

Tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah ini biasanya diaplikasikan pada pakaian dinas harian (PDH) maupun pakaian dinas upacara (PDU). Tanda kehormatan ini sekaligus menjadi simbol kejayaan dan kebanggaan tersendiri bagi yang menerimanya.

Satya Lencana Dharma Nusa adalah Penghargaan untuk SATGAS PAMRAHWAN
Satya Lencana Dharma Nusa Penghargaan untuk SATGAS PAMRAHWAN

Satya Lencana Dharma Nusa sering disebut sebagai medalinya SATGAS PAMRAHWAN, karena memang Satyalancana ini diberikan untuk mereka yang bertugas di daerah yang bergejolak seperti misalnya waktu itu di ACEH, POSO, maupun di PAPUA.

Dengan adanya tanda kehormatan tersebut, maka seseorang bukan hanya sekedar bangga mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah saja. Tetapi juga diharapkan mampu menginspirasi berbagai pihak untuk melakukan pengabdian yang sama kepada negara.

Karena pada dasarnya bentuk pengabdian untuk bangsa dan negara tidak terbatas pada aksi bela negara di medan perang saja. Melakukan hal postif yang bermanfaat bagi banyak orang pun bisa menjadi salah satu bentuk dharmabakti kepada bangsa dan negara tercinta.

Dengan mengetahui bahwa SatyaLencana Dharma Nusa adalah bentuk tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah kepada pihak-pihak yang berjasa kepada negara, maka diharapkan bisa semakin menambah wawasan Anda terkait tanda jasa dan keromatan di Indonesia.

Bagi Anda yang saat ini sedang membutuhkan medali atau atribut Satya Lencana Dharma Nusa bisa langsung menghubungi kami di nomor WA 0838 8298 9000. Karena kami adalah produsen dan pengrajin tanda jasa/kehormatan satyalencana yang terpercaya dengan pegalaman lebih dari 14 tahun.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *