Bagaimana Cara Pasang Satya Lencana TNI?

Cara Pasang Satya Lencana TNI – Tanda kehormatan merupakan penghargaan yang diberikan oleh negara kepada para TNI yang menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tanda kehormatan dapat diberikan kepada individu, instansi, bahkan organisasi atas bakti yang telah dilakukannya kepada negara.

Contoh Contoh Satya Lencana TNI

Ada beberapa satya lencana yang diberikan oleh negara kepada orang terpilih. Jenis satya lencana tersebut diantaranya Satya Lencana Bhakti yang diberikan kepada prajurit yang memiliki jasa membela negara republik Indonesia dan orang tersebut mendapatkan luka serta membutuhkan perawatan kedokteran.

Kedua, satya lencana teladan merupakan penghargaan yang diberikan kepada para prajurit TNI yang berhasil membela bangsa dalam perang dan dapat diberikan lebih dari satu kali.

Ketiga, satya lencana kesetiaan diberikan kepada prajurit yang telah menjadi prajurit dalam waktu 8, 16, 24 dan 32 tahun.

Keempat ada satya lencana Santi Dharma. Satya lencana ini diberikan kepada prajurit yang berperan sebagai kontingen nasional dalam bidang pengamatan militer dengan beberapa ketentuan yakni memiliki kedisiplinan yang tinggi serta sudah ditempatkan selama dua bulan secara terus menerus. Selain itu diberikan juga kepada para prajurit yang gugur dalam tugasnya bukan karena akibat tindakannya sendiri.

Satyalencana Dwidya Sistha merupakan jenis satya lencana yang diberikan kepada para prajurit TNI yang menjadi guru atau pelatih dalam lembaga pendidikan milik TNI. Umumnya dikategorikan berdasarkan lama pekerjaan yakni 2 tahun terus menerus, 3 tahun tidak terus menerus, 3 dan 4 angkatan tidak terus menerus serta prajurit lembaga penyelenggara pendidikan lainnya.

Satyalencana Dharma Nusa diberikan kepada para prajurit yang berperan penting dalam menjaga keamanan negara di daerah yang berkonflik.

Satya lencana Wira Nusa diberikan kepada prajurit yang telah membaktikan dirinya untuk mengamankan diri di bagian luar wilayah perbatasan Indonesia.

Cara Pasang Satya Lencana TNI

Sederhananya cara pasang satya lencana TNI yaitu dipakai pada hari resmi & dinas harian dengan jenis / bentuk satya lencana yang berbeda seperti jenis pita digunakan pada pakaian dinas harian (PDH) dan medali berpita gantung dapat digunakan pada pakaian dinas umum (PDU) biasanya hari-hari resmi / upacara.

Jenis Satya Lencana Pita

Cara Pasang Satya Lencana TNI PDH 1
Contoh Satya Lencana TNI PDH
Contoh Satya Lencana TNI PDH 2
Contoh Satya Lencana TNI PDH

Jenis Satya Lencana Medali

Cara Pasang Satya Lencana TNI PDU
Contoh Satya Lencana TNI PDU
Contoh Satya Lencana TNI PDU 2
Contoh Satya Lencana TNI PDU

Tanda penghargaan / tanda kehormatan tersebut memang diberikan satu-satu tiap jenis nya dan interval waktunya pun acak sesuai dengan masa tugasnya / masa bakti. Biasanya untuk bisa dipakai itu perlu dirakit ulang atau perlu beli medali dan pita lagi kepada pengrajin satya lencana. Sehingga ketika dilihat menjadi rapih susunannya pun tentu harus sesuai aturan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *