Mengenal Apa Itu Satya Lencana Dharma Nusa

Satya Lencana Dharma Nusa adalah tanda kehormatan yang umumnya diberikan kepada TNI, sehingga kadang dimasukkan kedalam tanda kehormatan militer. Namun tahukah anda bahwa satya lencana ini ternyata dapat diberikan pula kepada masyarakat sipil.

Artinya setiap warga negara Indonesia berhak atas tanda kehormatan ini baik dari kalangan non-militer maupun militer. Seperti halnya kasus wartawan yang mendapatkan tanda jasa Negara ini.

Siapakah Beliau ?

Beliau adalah wartawan senior Republika Selamat Ginting pada tahun 2015 lalu, karena beliau bertugas meliput operasi  pemulihan keamanan di daerah gejolak bersenjata.

Pada waktu itu penerima Satya Lencana Dharma Nusa ini yaitu sebanyak 3460 orang adalah militer termasuk Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, dan hanya satu orang dari sipil (wartawan) Selamat Ginting.

Wartawan Republika Selamat Ginting
Wartawan Republika Selamat Ginting

Mengapa Di Berikan Satya Lencana Dharma Nusa

Ke 3460 orang tersebut mendapatkan tanda kehormatan itu karena berjasa dalam tugas di daerah konflik bersenjata di Provinsi Papua, Papua Barat, Aceh, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

Tugas tersebut dilakukan selama lebih dari tiga bulan secara terus menerus atau minimal 120 hari secara tidak terus menerus.

Tujuan

Untuk memberikan penghargaan kepada Prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS yang berjasa di dalam melaksanakan tugas operasi pemulihan keamanan, serta WNI lainnya yang berjasa dalam membantu operasi pemulihan tersebut.

Syarat Khusus

Prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS yang berjasa di dalam melaksanakan tugas operasi pemulihan keamanan, serta WNI lainnya yang telah berjasa dalam membantu operasi pemulihan keamanan di daerah bergejolak dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan ketentuan :

  • Paling singkat 90 (sembilan puluh) hari secara terus-menerus;
  • Paling singkat 120 (seratus dua puluh) hari secara tidak terus-menerus; atau
  • Gugur/tewas akibat penugasannya.

Contoh Dharma Nusa

Berikut ini beberapa contoh bentuk satya lencana tersebut.

Contoh PDU Satya Lencana Dharma Nusa
Contoh PDU Dharma Nusa
Contoh PDH Satya Lencana Dharma Nusa
Contoh PDH Dharma Nusa

Jual Satya Lencana Dharma Nusa

Itulah ringkasan pembahasan tentang Satyalancana Dharma Nusa, semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas untuk para pembaca sekalian. Dan bagi pembaca tercinta yang membutuhkan Medali dan Tanda Jasa / Tanda Penghormatan di Indonesia seperti medali bintang dan satyalancana.

Pembaca bisa menghubungi kami, karena kami merupakan produsen dan pengrajin tanda jasa satyalancana khususnya dalam hal ini medali karya satya.

klik-wa-to-chat-produsen-tanda-jasa

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *